Translate

Selasa, 03 Maret 2015

Puasa & Kesehatan

Puasa Dan Kesehatan. . .
 
 
Arti penting puasa tidak sekedar bermanfaat bagi kesehatan rohani.  Untuk kesehatan jasmani puasa pun menjadi penting. Hal tersebut dikarenakan jasmani manusia membutuhkan pelayanan yang memadai untuk menjaga stabilitas kesehatan. Dalam hal ini Islam tampil dengan mewajibkan puasa kepada umatnya, sebagai upaya menjaga stabilitas kesehatan jasmani dan rohani.

Puasa merupakan suatu bentuk aktifitas preventif terhadap penyakit. Pernyataan ini senada dengan beberapa penelitian dokter ahli yang menyatakan bahwa ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan puasa. Contohnya, maag dalam stadium pertama, penyakit liver, dan ada pula yang menyatakan bahwa puasa dapat menyuburkan sperma. Termasuk juga dalam proses pra-operasi diwajibkan bagi pasien untuk berpuasa.

Manfaat puasa sangat terasa dalam mengurangi  lemak yang kerap kali menjadi penyebab penyakit dan kegemukan. Lemak selalu bersarang dalam raga manusia manakala tidak memperhatikan makanan dan menguranginya. Sering kali manusia sakit karena cara makan yang salah. Padahal dengan puasa kekeliruan-kekelituan itu dapat diatasi.

Rasulullah selalu dalam keadaan sehat. Tercatat dalam sejarah bahwa beliau hanya sekali sakit dalam seumur hidupnya. Beberapa waktu sebelum beliau meninggal dunia, beliau pernah ditanya rahasia kesehatan beliau oleh seorang dokter dari Romawi : "Apa yang menyebabkan anda selalu sehat, ya Rasul?" beliau menjawab : "Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang".

Pernyataan beliau merupakan tata cara menjaga kesehatan yang benar. Satu kebiasaan makan secukupnya, bahkan beliau sering berpuasa pada hari senin dan kamis. Dengan mengatur kebiasaan mengkonsumsi makanan dan menguranginya akan bermanfaat bagi kesehatan.

Secara biologis perut manusia terdiri dari air, makanan, dan udara yang harus saling seimbang. Apabila terjadi ketidakseimbangan atau kelebihan diantara salah satu dari ketiga unsur tersebut, maka akan sangat berpengaruh bagi kesehatn manusia. Rasulullah bersabda : "Berpuasalah maka kalian akan sehat".

Dengan demikian, jelaslah bahwa puasa memiliki fungsi besar dalam menjaga kesehatan manusia. Hampir semua agama menjadikan puasa sebagai syariat. Tidak lain tidak bukan karena puasa memiliki nilai berharga. Tidak saja sebagai wujud kecintaan hamba kepada Tuhannya tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar