Translate

Rabu, 20 Mei 2015

Memasak, Why Not??



Masih banyak beberapa dari kita yang menganggap memasak dan berkutat didapur adalah ritual tua nenek moyang. Bagaimana tidak? Sebagian orang mem-post makanan di social media dari berbagai Cafe, Restoran atau Kaki Lima dengan dekorasi makanan yang menggiurkan serta dekorasi tempat yang bisa membuat kita bertekuk lutut ingin segera mencicipi atau ‘nongkrong’. Waktu tidak cukup, peralatan yang seadanya, bahan-bahan rumit, resep yang sangat panjang, dan pikiran-pikiran buruk akan hasil masakan sendiri sudah menghantui dan memenuhi pikiran diri sendiri. Hal ini yang membuat sebagian orang menjadi malas untuk membuat makanan sendiri. Percayalah, memasak tidak semenakutkan itu.

Dengan menjamurnya post review makanan minuman di Cafe atau Resto, membuat kita melupakan tradisi ‘Home made‘. Kita semakin lupa akan steril-nya alat masak yang digunakan, semakin lupa akan kandungan nutrisi dan amannya bahan yang digunakan. Terbukti oleh sistem imun tubuh kita yang semakin rentan, timbulnya penyakit-penyakit yang jika dulu hanya orang tua yang bisa mengidap penyakit ini, misalnya saja kolesterol, jantung, diabetes dll. Cintai tubuh kamu sekarang juga, sebelum semua menjadi terlambat.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Jawabannya adalah belajarlah memasak menu sendiri dan kurangi kebiasaan untuk makan diluar. Lowongkan waktu untuk browsing aneka resep makanan dimulai dari apa yang kita inginkan saat ini. Misalkan kita ingin memakan Pizza, silahkan googling beberapa artikel yang memuat resep Pizza dengan mudah, cari juga kemungkinan gagal apa saja dalam membuat Pizza ini, gunakan Youtube jika merasa kurang paham tentang teknik yang dipakai, dan “practice makes perfect”. Buatlah setengah resep dengan membagi dua semua bahan dari resep yang digunakan. Ikuti instruksi sebaik mungkin. Berikan kepada keluarga/teman untuk menanyakan pendapat serta kritik dan saran. Jika masih gagal juga? Dunia belum berakhir kok, kamu bisa terus cari referensi tentang makanan yang lebih mudah dibuat. Dan jika kamu sudah berhasil mempraktekkan beberapa menu, keluarga atau kerabat pasti akan selalu merindukanmu. So, masih mau sering makan diluar? Sayangi tubuh kamu ya.

Good Luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar